Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalimantan Tengah Resmikan Penggiling Padi Modern di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 23 Januari 2020 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, meresmikan Rice Milling Unit (RMU) atau alat pengilingan padi modern di Desa Lembeng, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, Kamis, 23 Januari 2020.

Sugianto mengatakan, untuk mewujudkan Kalteng sebagai provinsi swasembada pangan, pihaknya menyalurkan sejumlah bantuan baik itu bibit maupun alat-alat pertanian. Salah satunya kepada petani di Kabupaten Barsel.

“Ini untuk mendukung petani agar lebih bersemangat, terlebih untuk meningkatkan kualitas padi. Untuk itu di;erlukan dukungan bibit yang bagus dan peralatan pertanian canggih,” kata Sugianto Sabran.

Menurutnya, pertanian di Bumi Tambun Bungai harus didukung dengan peralatan canggih untuk menghasilkan beras dengan kualitas premiun.

Sementara itu, Bupari Barsel, Eddy Raya Samsuri mengatakan, di Kalteng hanya 4 kabupaten saja mendapat RMU tersebut, salah satunya Barsel.

"Kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan dari Gubernur Kalteng dengan menyalurkan RMU ini. Semoga menjadi berkah bagi para petani dan juga Barsel,” ucap dia.

Dia membeberkan, untuk luasan tanam padi terutama di Kecamatan Dusun Selatan hingga bulan Maret terbilang luas yakni sekitar 1.080 hektare. Dengan itu diharapkan, daerah ini dapat menjadi salah satu kabupaten swasembada beras.

"Terlebih lagi dengan diserahkannya satu unit MRU modern ini, sejatinya bisa dimanfaatkan sebaiknya oleh petani untuk mendukung pengolahan gabah menjadi beras," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru