Gubernur Kalteng Dorong Petani Barito Selatan Manfaatkan Peralatan Canggih

  • Oleh Uriutu
  • 23 Januari 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mendorong para petani padi di Barito Selatan memanfaatkan peralatan canggih dan bibit berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Sugianto Sabran saat meresmikan alat penggilingan padi modern di Desa Lembeng, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kamis, 22 Januari 2020.

Dia mengatakan, pertanian di Bumi Tambun Bungai harus didukung dengan peralatan canggih untuk menghasilkan beras dengan kualitas premium.

"Karena selain bisa menghasilkan kualitas beras yang baik, juga dapat membawa keberuntungan bagi masyarakat karena hasil panen meningkat," kata Sugianto Sabran.

Menurutnya, apabila petani diberikan dukungan peralatan pertanian yang canggih, maka gairah dalam bertani pun bertambah.

Semakin banyaknya masyarakat bertani, maka ketahanan pangan akan meningkat, terutama bagi keluarganya sendiri.

"Seiap kepala daerah agar ikut memberikan bantuan dan perhatian kepada petani guna memperkuat pangan kita, sekaligus mempererat komunikasi," ucap dia.

Ia menambahkan, Provinsi Kalteng saat ini berada dekat dengan provinsi yang terpilih sebagai Ibu Kota Negara. Sehingga diharapkan mampu menjadi provinsi penyangga pangan nasional.

"Terutama untuk kabupaten yang ada di wilayah DAS Barito ini kita harapkan menjadi area penyangga pangan untuk Provinsi Kalteng," harap dia.

Sementara itu, Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri menginginkan daerah ini bisa memperoleh bantuan pertanian lagi. Baik untuk panen padi atau pasca panen. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru