Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

20 Ribu Peziarah Akan Hadiri Haul Kyai Gede

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Januari 2020 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang pelaksanaan haul Kyai Gede pada Maret, beberapa persiapan tengah dilakukan. Sebanyak 20 ribu orang peziarah diperkirakan akan hadir dalam acara tersebut.

"Masyarakat yang menghadiri haul Kyai Gede ini setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Tahun 2019 dihadiri sebanyak 18 ribu orang, diperkirakan tahun ini meningkat mrncapai 20 ribu orang," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kobar Wahyudi kepada Borneonews, Jumat, 24 Januari 2020.

Haul Kyai Gede ke 12 di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) akan dilaksanakan pada 15 Maret 2020. Biasanya acara ini akan dihadiri umat muslim dari beberapa kabupaten tetangga.

Wahyudi menambahkan, persiapan telah dilakukan. Saat ini pihaknya tengah melakukan beberapa kordinasi dengan panitia haul guna kelancaran pelaksanaan nantinya.

"Kami juga sudah melakukan beberapa kordinasi rapat dengan panitia disana (Kolam) dan nanti masih akan diadakan sejumlah rapat-rapat lagi," ungkapnya.

Haul akbar Kyai Gede untuk mengenang salah satu tokoh ulama yang berpengaruh terhadap penyebaran agama Islam, khususnya di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Tidak hanya berperan penting terhadap syiar Islam, Kyai Gede juga memiliki peran penting dalam perjalanan Kerajaan Kotawaringin. (DANANG/m)

Berita Terbaru