Tanggulangi Stunting Dengan Perbanyak Makan Ikan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Januari 2020 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terus berupaya mengajak masyarakat di daerah ini untuk memperbanyak makan ikan. Hal itu dilakukan, salah satunya untuk menanggulangi stunting. 

"Salah satu upaya untuk penanggulangan stunting adalah konsumsi ikan yang cukup. Dan hal itu sangat perlu dilakukan masyarakat," ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Herianto, Jumat, 24 Januari 2020. 

Dirinya menjelaskan, setidaknya ada 10 desa di Kotim ini yang menjadi locus stunting. Sehingga pemerintah daerah meminta seluruh SOPD agar sama-sama melakukan penanggulang. Hal itupun membuat pihaknya juga berupaya bergerak melakukan penanganan sesuai dengan bidang mereka. 

"Dalam beberapa waktu terakhir, kami langsung datang ke desa yang menjadi locus stunting tersebut. Kami berikan pengertian terkait pentingnya mengkonsumsi ikan. Sebagai upaya pencegahan stunting," kata Herianto. 

Sejunlah desa yang sudah mereka datangi yakni Desa Ujung Pandaran, Handil Sohor, Desa Tumbang Keminting, Tumbang Saluang, Tawan, dan Tanah Haluan. 

Beberapa dari mereka diberikan bantuan berupa alat tangkap ikan, dan sebagian desa lainnya dibantu pembangunan tempat budidaya. Hal itu dilakukan, agar produksi ikan di desa tersebut semakin meningkat. Sehingga kebuthan gizi dari ikan bisa terpenuhi. 

"Yang pasti kami berupaya untuk penanggulangan stunting ini, sesuai dengan tupoksi kami," terang Herianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru