Ini Upaya Dinas Lingkungan Hidup Untuk Kebersihan di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 24 Januari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup terus berbenah untuk menata kawasan kota agar bersih dari sampah yang berserakan di pinggir jalan.

"Sekarang sedang kita aktifkan bank sampah yang ada di Pahandut. Nanti melalui bank sampah itu ada proses pengolahan sampah. 3R namanya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini, Jumat, 24 Januari 2020.

Dia menuturkan, secara berangsur, TPS nantinya akan diganti menggunakan depo. Hal ini bertujuan untuk menghindari tumpukan sampah yang berserakan di kawasan pemukiman dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

"Pemerintah sudah mulai menata soal sampah. Beberapa depo sudah dibangun untuk mengganti TPS yang ada. Mudahan-mudahan semua depo sudah terbangun di tahun ini," ucapnya.

Dia menambahkan, salah satu persoalan yang dihadapi dalam upaya membereskan sampah yakni minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Bahkan dalam sehari, kami mengerahkan 23 armada angkut sampah dari 110 titik pengangkutan. Tetap saja masih ditemukan yang ditumpuk bukan pada tempatnya," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru