BPBD Kobar Beri Pelatihan Dasar Penanggulangan Karhutla ke Linmas

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Januari 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kobar memberikan pelatihan dasar penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada belasan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Sungai Bedaun.

Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kobar, Pahrul Laji menyampaikan, dalam rangka antisipasi bencana alam Karhutla di wilayah Kobar, pihaknya mulai sekarang memberikan pelatihan dasar pada anggota Linmas.

"Pelatihan ini merupakan antisipasi pertama untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesiapan perwakilan masyarakat dalam menghadapi bencana," ujarnya melalui pesan singkat, Jumat, 24 Januari 2020.

Pelatihan dasar akan terus dilaksanakan ke desa-desa yang sulit dijangkau Satgas Karhutla. Programnya diawali di Sei Bedaun pada 23 Januari 2020. Dalam pelatihan tersebut, ada 12 anggota Linmas Desa Sungai Bedaun yang dilatih. Mereka mewakili 8 RT di desa tersebut dan ditambah 2 orang perangkat desa.

Selanjutnya, dibentuk masyarakat peduli api (MPA). Pemateri dalam pelatihan dasar yakni 3 personel BPBD Kobar dan 2 anggota Manggala Agni DAOPS Pangakalan Bun. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Desa Sungai Bedaun, Kecamatan Kumai.

Mereka yang dilatih juga mendapat penjelasan berbagai peralatan yang digunakan dalam penanganan. Baik berupa mesin pompa air, selang, nozzle hingga handtools. 

"Mengingat akses wilayah yang agak jauh dari pusat kota, para Linmas ini harus mandiri menangani bencana saat darurat," tutupnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru