Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Sampah di Sampit Jadi Perhatian Serius Pemkab

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Januari 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penanganan sampah di Sampit terus menjadi perhatian serius Pemkab Kotawaringin Timur. Tujuannya, agar keindahan dan kebersihan kota selalu terjaga. 

Terkait itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Sangggul Lumban Gaol mengatakan, pihaknya saat ini terus berbenah untuk penanganan sampah di perkotaan. Salah satunya mendirikan depo sampah di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang maupun Baamang. 

"Depo sampah saat ini terus berjalan. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit mulai berdampak terhadap penanganan sampah di perkotaan," kata Sanggul, Jumat, 24 Januari 2020. 

Saat ini,  ada 7 depo sampah yang sudah aktif. Rinciannya, 5 lokasi di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dan 2 depo sampah di Kecamatan Baamang.

Semuanya berada di kawasan permukiman penduduk. Hal itu masyarakat bisa dengan mudah dan lebih dekat membuang sampah.

Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang tetap membuang sampah di tepian jalan.  

"Membiasakan warga untuk membuang sampah pada tempatnya yang dalam hal ini depo sampah, buka perkara mudah. Perlu adanya upaya bersama, termasuk dari masyarakat itu sendiri," kata Sanggul. 

Meskipun begitu, pihaknya saat ini terus berupaya untuk mengatasi hal tersebut. Dengan melakukan sosialisasi agar masyarakat sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya. 

"Mudah-mudahan nantinya semakin banyak masyarakat yang sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan. Sehingga mereka membuang sampah ke depo yang sudah disediakan ini," harap Sanggul. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru