Gubernur Kalteng Minta Barito Timur Siapkan Lahan 1.000 Hektare untuk Kebun Kopi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Januari 2020 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta Pemerintah Kabupaten Barito Timur menyiapkan lahan seluas 1.000 untuk pengembangan kebun kopi.

Hal ini disampai Sugianto saat menggelar pertemuan dengan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Camat, Lurah, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Pelaku UMKM se Kabupaten Barito Timur di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Timur, Jumat 24 Januari 2020.

"Kalau 1.000 haktare setuju nggak kira Kalau setuju Pak Bupati tanggung jawab ya! Pak Kapolres awasi, Pak Dandim juga awasi, karena saya ingin nanti 4-5 tahun ke depan kita bisa pasarkan ke Banjarmasin juga Ibu Kota Negara (IKN) yang baru," kata Sugianto.

Dia ingin agar Daerah Aliran Sungai  (DAS) Barito paling tidak terdapat tanaman kopi seluas 10.000 hektare.

Sugianto juga berharap, sebagai kabupaten yang paling dekat dengan IKN yang baru, Barito Timur terus mengembangkan  pertanian dan peternakan agar dapat menjadi daerah penyanggah logistik pangan bagi IKN yang baru.


Untuk mendukung Barito Timur sebagai daerah penyanggah IKN, Dia juga berjanji akan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Barito Timur, yaitu kawasan dengan batas tertentu yang tercangkup dalam daerah atau wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu.

"Karena itu, warga Barito Timur harus menjaga ketentraman dan keamanan agar pembangunan dapat berjalan lancar. Kalau kita ribut-ribut terus, kalau daerah ini tidak aman pasti investor tidak betah atau tidak mau datang berinvestasi di sini," pungkasnya. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru