Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan di Katingan Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Januari 2020 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Setelah sempat beberapa hari sebelumnya hujan tidak lagi mengguyur wilayah Kabupaten Katingan, namun curah hujan tinggi ditandai dengan hujan lebat kembali mengguyur dalam beberapa hari terakhir.

Akibat curah hujan yang kembali tinggi menyebabkan daerah aliran sungai atau DAS Katingan di Kabupaten Katingan meningkat dibanding sebelumnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, Sabtu, 25 Januari 2020 membenarkan jika dalam beberapa hari terakhir curah hujan di wilayahnya tinggi.

Namun meski demikian hingga saat ini belum ada wilayah di daerahnya yang kebanjiran, hanya saja debit air Sungai Katingan mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Menurutnya berdasarkan data dari pihak BMKG, untuk wilayah Kabupaten Katingan, diperkirakan akan turun hujan ringan pada siang, sore dalam malam hari nanti.

Sementara untuk tinggi air DAS Katingan di Dermaga UPTD LLASP Ujung Hurung Kasongan, yakni tiang pengukur kedalaman pinggir DAS Katingan 3 meter atau 300 centimeter, data hari sebelumnya 0,0 meter atau  0 centimeter, kedalaman air normal.

Sementara untuk data hari ini 0.9 meter atau 90 centimeter atau normal.

"Terjadi kenaikan 90 centimeter pada permukaan DAS Katingan jika dibanding pada hari kemarin, tanggal 24 Desember 2020," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga.

Sementara di Sungai Katingan wilayah Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, kata dia juga ada kenaikan debit air sungai teraebut namun masih dalam kondisi normal.

"Untuk kondisi saat ini masih aman, namun untuk beberapa lokasi yang memang daerah rendah disiagakan personel untuk pemantauan dan hal lainnya jika diperlukan," sebutnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru