Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indahnya Keberagaman Imlek, Wanita Berhijab Jadi Pemukul Gendang Barongsai

  • Oleh Nopri
  • 25 Januari 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ada pemandangan menarik saat malam perayaan tahun baru Imlek 2571 di Vihara Avalokitesvara, Jalan Tjilik Riwut Km 9, Palangka Raya, Sabtu, 25 Januari 2020.


Sebagai wujud keberagaman, seorang wanita berhijab tampak ikut dalam perayaan Imlek tersebut. Dengan penuh semangat, wanita ini memukul gendang saat Barongsai menari menyapa pengunjung.



"Perayaan Imlek ini siapa saja boleh datang dan ikut merayakan perayaan. Karena Imlek merupakan malam pergantian tahun kami  tidak membedakan suku atau agama, semua boleh ikut," kata Bhante Nyanavira Thera di acara tersebut.


Tidak hanya itu, membuat malam tahun baru Imlek tersebuat semakin bermakana karena warga Kota Palangka Raya juga antusias menghadiri acara malam pergantian tahun Tionghoa tersebut hingga selesai.

Bhante Nyanavira Thera mengatakan, setiap perayaan Tahun Baru Imlek, Barongsai memang menjadi pertunjukkan yang ditunggu-tunggu. "Pertunjukan ini untuk mengusir roh jahat serta membawa keberuntungan bagi umat manusia," katanya.

Bagian kepala Barongsai, terdapat tanduk yang merupakan simbol untuk hidup dan regenerasi, serta mewakili unsur perempuan. Kemudian, telinga dan ekor berbentuk makhluk mistis yang mewakili kebijaksanaan dan keberuntungan. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru