Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Akan Beli Gabah Petani Dengan Harga Tinggi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Januari 2020 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melalui UPTD Balai Serealia dan Buah-buahan yang mengelola rice milling unit atau penggilingan padi modern, akan membeli gabah dari petani dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran.

Demikian disampaikan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas usai peresmian rice milling unit oleh Gubernur Sugianto Sabran di Desa Rodok Kecamatan Dusun Tengah, Sabtu 25 Januari 2020.

"Dengan adanya rice milling unit ini kita bukan mencari keuntungan tapi kita membantu dan mensejahterakan petani, nanti kita akan membeli gabah petani diatas rata-rata. Jadi kesejahteraan petani kita tingkatkan," kata Ampera.

Menurutnya, Barito Timur bukan saja akan jadi penghasil gabah terbesar di Kalimantan Tengah namun juga menjadi penghasil beras yang dikemas secara modern dengan merek Gumi Nansarunai.

"Seperti kata pak Gubernur agar menjadikan Kalimantan Tengah bermartabat, jangan sampai nanti kita menjadi penghasil gabah tapi berasnya beli dari tempat lain," imbuh Ampera.


Lanjutnya, pada tahun 2019 produksi gabah kering giling di Kabupaten Barito Timur mencapai 30.197 ton yang apabila dikonversi menjadi beras, menghasilkan beras sebanyak 14.656 ton.

"Dari jumlah itu, kita surplus beras sebanyak 2.218 ton karena kebutuhan beras di Barito Timur hanya 12.439 ton," pungkasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru