Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Pulang Pisau Sebut Fogging tak Efektif Basmi Nyamuk

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 26 Januari 2020 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pembasmian nyamuk dengan cara difogging atau pengasapan dinilai tak efektif oleh Dinas Kesehatan Pulang Pisau. Sebab, fogging dianggap hanya memburu nyamuk dengan jangak waktu sebentar saja. 

Kepala Dinkes Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr Pande mengatakan, fogging belum tentu membunuh nyamuk. Bisa saja cuma mengusir dan membuat nyamuk pergi ke tempat lain. 

"Karena pengalaman kami meskipun sudah difogging tetap saja kasus DBD terjadi," kata Pande, Sabtu, 25 Januari 2020. 

Ia menambahkan, langkah paling efektif untuk membasmi dan memburu nyamuk adalah melalui 3M plus. Yaitu menguras genangan air yang bisa dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. 

"Plusnya yaitu bisa menggunakan racun pengusir nyamuk, tidur menggunakan kelambu dan sebagainya," ucap dia.

Pande mengungkapkan, membasmi sarang nyamuk merupakan langkah efektif dari pada fogging. Karena membasmi nyamuk yang sudah dewasa itu lebih sulit dari pada membasmi yang masih berbentuk jentik. 

"Apalagi musim penghujan ini perkembangbiakan nyamuk dua kali lipat lebih banyak. Jadi saya imbau lakukan 3M plus dan perhatikan tempat-tempat lainnya yang bisa dijadikan sarang nyamuk," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru