Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hino Siap Gunakan Bahan Bakar Biodiesel B30

  • Oleh Inilah.com
  • 26 Januari 2020 - 10:46 WIB

INILAHCOM, Jakarta - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyatakan kesiapannya dengan program pemerintah yang mengharuskan menggunakan bahan bakar biodisel 30 persen atau B30 yang mulai diterapkan 1 Januari 2020.

"Hino Indonesia siap menghadapi program Pemerintah untuk penggunaan bahan bakar biodiesel B30 sesuai yang tertuang pada Peraturan Menteri (Perman) Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) No 12 tahun 2015 tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar lain," ujar Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI dalam keterangan tertulisnya.

HMSI mengklaim sudah sampai ditahap akhir pengembangan untuk menyiapkan Retrofit kendaraan untuk Hino yang saat ini beroperasi atau produksi VIN di bawah 2020, sehingga konsumen tidak perlu cemas menggunakan kendaraan Hino.

"Retrovit ini pilihan digunakan untuk kendaraan Hino, baik itu mekanikal maupun bermesin common rail yang terdiri dari Fuel Filter yang lebih besar, serta sender, tank, piping dan hose yang memiliki material yang lebih tahan untuk pengunaan bahan bakar B30," katanya.

Untuk menjalankan biodiesel B30, Hino sudah melakukan dua uji coba sejak 2010 yaitu emission test dan durability test, baik itu untuk mesin yang saat ini digunakan Euro 2 dan juga mesin yang akan digunakan pada tahun 2021 Euro 4.

Uji coba yang dilakukan Hino di Indonesia dan Jepang ini bekerja sama dengan pihak terkait seperti Balai Teknologi Termodinamika, Motor dan Propulsi (BT2MP), Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas), Balai Teknologi Bahan Bakar & Rekayasa Disain (BTBRD), Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Pertamina.

Uji mesin Hino dilakukan di laboratorium dengan kondisi beban dan daya maksimum pada putaran mesin 2500 rpm, selama 400 jam atau setara dengan 40.000 km pada pemakaian maksimum yang menggambarkan kondisi kendaraan dipacu dalam kondisi ekstrim melebihi dari keadaan sesungguhnya di lapangan atau pengoperasian aktual kendaraan sehari-hari.

Sehingga didapatkan hasil atau rekomendasi terkait penyesuaian karakteristik mesin dan kendaraan Hino yang tepat, karena kami sangat menaruh perhatian terhadap kelancaran bisnis konsumen.

"Dengan penggunaan bahan bakar B30, diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan yang lebih rutin, ini dibutuhkan untuk mencegah penyumbatan filter sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga dan bisnis dapat terus berjalan," tutupnya. (Inilah.com)

Berita Terbaru