Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cerita Warga Wuhan Gambarkan Wabah Virus Corona Seperti Kiamat

  • Oleh Tempo.co
  • 26 Januari 2020 - 11:26 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ratusan pasien di Wuhan yang belum dipastikan membawa virus corona menjadi semakin putus asa ketika kota itu berjuang untuk mengatasi jumlah yang melaporkan gejala pneumonia.

Seorang perempuan berusia 36 tahun, berbicara melalui telepon di luar rumah sakit besar di Wuhan, mengatakan dia menghabiskan seminggu terakhir membawa suaminya yang sakit dari rumah sakit ke rumah sakit untuk memeriksanya apakah dia terpapar virus.

"Saya tidak memiliki apa apa. Tidak ada pakaian pelindung, hanya jas hujan, dan saya berdiri di luar rumah sakit di tengah hujan," kata perempuan yang menyebut namanya Xiaoxi, dikutip dari South China Morning Post, 25 Januari 2020.

"Saya putus asa, saya tidak bisa menghitung waktu dan hari. Saya tidak tahu apakah kita berdua akan hidup untuk melihat tahun baru."

Dia mengatakan malam Tahun Baru Imlek terasa seperti "hari kiamat" karena tidak ada tempat baginya dan suaminya yang sakit untuk pergi ke kota yang diisolasi.

Sebuah video yang dibagikan oleh Xiaoxi muncul untuk menunjukkan lorong rumah sakit yang penuh dengan pasien yang gelisah, yang meminta perhatian dari staf medis.

Rekaman itu juga menunjukkan staf medis dalam pakaian pelindung dan apa yang dikatakan Xiaoxi adalah mayat pasien yang meninggal di rumah sakit dan ditinggalkan di koridor berbalut selimut linen.

"Saya menyerahkan satu bungkus tisu kepada seorang perawat. Dia menangis ketika dia mencoba membuat beberapa orang datang dan memindahkan mayatnya tetapi tidak ada yang menjawab," katanya.

Xiaoxi mengatakan suaminya sekarang bergabung dengan mereka yang menunggu di unit gawat darurat dengan harapan staf medis akan menerimanya.

Dia mengatakan dirinya demam 10 hari yang lalu dan mulai batuk darah, tetapi empat rumah sakit menolaknya, mengatakan mereka kehabisan ruang dan tidak dapat melakukan tes lebih lanjut.

Berita Terbaru