Embung Sirau akan Diperbaiki di 2021

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Januari 2020 - 13:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Embung Sirau yang merupakan sumber air baku bagi instalasi pengolahan air (IPA) PDAM Tamiang Layang akan diperbaiki pada 2021.

Demikian disampaikan Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menanggapi hasil peninjauan yang dilakukan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran di Embung Sirau, Jumat dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Barito Timur selama 2 hari.

"Gubernur sudah mengatakan pada 2021 kita akan lakukan perbaikan Embung Sirau," katanya, Minggu 26 Januari 2020.

Diketahui, Embung Sirau yang seharus berfungsi sebagai penampung air untuk memenuhi kebutuhan air baku IPA PDAM Tamiang Layang sudah bertahun-tahun mengalami kebocoran, sehingga pada musim kemarau PDAM kesulitan pasokan air untuk didistribusikan ke pelanggan.

Direktur PDAM Barito Timur Hendroyono mengakui keberadaan Embung Sirau sangat vital bagi pelayanan dan pemenuhan kebutuhan air bersih warga Tamiang Layang dan sekitarnya.

Karena itu pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum melalui surat dari Bupati Barito Timur untuk perbaikan Embung Sirau.

Embung Sirau merupakan aset milik Direktorat Sumber Daya Kalimantan Tengah yang sekaligus memiliki hak dan kewenangan memelihara aset ini status aset tersebut menjadi kendala tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk mengambil alih perawatan Embung Sirau selama ini. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru