Debit Air DAS Katingan Terus Meninggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Januari 2020 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Daerah Aliran Sungai (DAS )Katingan sejak beberapa hari terakhir terus menunjukkan peningkatan debit air. Peningkatan debit air ini karena curah hujan dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Katingan tinggi.

Hampir setiap hari sejak empat hari belakangan ini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terus mengguyur wilayah Kabupaten Katingan.

Seperti pada Minggu siang ini, 26 Januari 2020, hujan juga mengguyur Kota Kasongan dan sekitarnya.

Sehari sebelumnya hujan lebat hingga tadi malam juga mengguyur sejumlah wilayah di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotim itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga mengakui jika curah hujan dalam bebeberapa hari ini di wilayahnya tergolong tinggi, sehingga menyebabkan DAS Katingan juga meninggi.

Berdasarkan pantauannya, saat ini tinggi air DAS Katingan di Dermaga UPTD LLASP Ujung Hurung Kasongan mengalami kenaikan dibanding hari sebelumnya.

"Hari ini terjadi kenaikan 60 centimeter tinggi air DAS Katingan dibandingkan hari kemarin," sebutnya.

Pun demikian di wilayah Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah juga ada peningkatan debit air Sungai Katingan itu. Namun kondisi saat ini masih aman dari banjir. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru