Perpustakaan Agen Perubahan Masyarakat

  • Oleh Uriutu
  • 26 Januari 2020 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Barito Selatan, Hidayattulah mengatakan fungsi perpustakaan merupakan salah satu agen perubahan masyarakat.

Perpustakaan merupakan tempat kumpulan berbagai ilmu pengetahuan, bermacam-macam jenis buku bacaan bisa ditemukan.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi membuat perpustakaan paling banyak hanya dimanfaatkan kaum pelajar saja, padahal keberadaan perpustakaan bisa menjadi agen perubahan bagi masyarakat.

Pihaknya terus meningkatkan minat membaca khususnya di ruang lingkup pelajar dengan pelan-pelan membenahi minat masyarakat untuk tertarik berkunjung ke perpustakaan.

“Perpustakaan bisa menjadi agen perubahan menuju masyarakat maju dan sejahtera jika dimanfaat oleh masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, keberadaan perpustakaan yang ada desa, kelurahan, sekolah maupun isntansi terkait harus lebih diperhatikan, meskipun jika dilihat dari sisi pembangunan pendidikan harus memperhatikan dalam menjalankan fungsinya perpustakaan itu sendiri.

“Pastinya dengan kondisi perpustakaan yang ada, bisa menjadi perhatian semua pihak, terutama perangkat daerah yang memiliki tupoksi dibidang tersebut,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru