Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Kotawaringin Barat Beri Pelayanan Jemput Bola di Hari Libur

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotawaringin Barat menunjukkan keseriusannya dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan di hari libur, Minggu, 26 Januari 2020, mereka melaksanakan pelayanan jemput bola di Desa Kubu, Kecamatan Kumai.

Kepala Dinas Dukcapil Kobar, M Gusti Imansyah mengatakan, tujuan pelayanan jemput bola itu untuk mempermudah dan meringankan masyarakat, baik dari segi biaya maupun waktu.

"Dengan begini masyarakat lebih mudah mendapat pelayanan. Itu juga menghemat biaya dan waktu, serta mencegah calo," kata Gusti Imansyah.

Dia pun mengingatkan kepada masyarakat, jangan sampai ada yang menggunakan jasa calo dalam mengurus administrasi kependudukan.

"Urus sendiri keperluan, agar kevalidan datanya dapat dipertanggung jawabkan. Ini untuk menghindari kekeliruan data," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya memprioritaskan pelayanan jemput bola pada desa yang jauh dari pusat kota. Serta disinyalir yang masih banyak warga belum lengkap administrasi kependudukannya.

"Kami akan terus lakukan pelayanan jemput bola ini, hingga masyarakat Kobar semuanya terdaftar dan memiliki identitas kependudukan yang sah secara hukum," ungkapnya.

Adapun pelayanan jemput bola itu mulai dari kartu keluarga, perekaman KTP elektronik, KIA, akta kelahiran, akta pencacatan sipil, dan akta kematian.

"Kalau sampai ada yang tidak memiliki dokumen jangan disalahkan warganya, berarti tugas kita memberikan pelayanan yang kurang," tutupnya Gusti Imansyah. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru