Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kapuas Aktif Berikan Layanan Jemput Bola

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Januari 2020 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Kapuas aktif memberikan pelayanan jemput bola, atau turun langsung ke kecamatan hingga desa. Yakni, memberikan pelayanan terkait dokumen administrasi kependudukan kepada warga.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas Ruseni mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan merupakan salah satu Inovasi Disdukcapil yaitu ‘SIMPUN’ atau Sinde Muhun Pelayanan Uras Dinun dalam bahasa Dayak.

“Kami sudah mulai aktif jemput bola, jalankan program Simpun, yakni Sekali Turun Disdukcapil ke desa-desa semua Dokumen Kependudukan bisa didapat warga," ucap Ruseni, Minggu, 26 Januari 2020.

"Dan tentunya semua kepengurusan dokumen gratis tanpa ada pungutan biaya.” lanjut dia.

Adapun program jemput bola baru-baru ini sudah dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Barat dengan mendapatkan hasil yaitu terdapat sebanyak 128 perekaman, 173 berkas Kartu Keluarga, 72 berkas kartu identitas anak, 407 Akta Keluarga dan 22 akta perkawinan.

"Kemarin juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Timur dengan hasil yaitu perekaman 184 orang, Kartu Keluarga 348 lembar, Suket 417 lembar, KIA 36 keping, Akta Kelahiran 1.296 lembar dan Akta Kematian 22 lembar," tuturnya.

Ia berharap,  program tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

"Kami harapkan juga peran aktif masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukannya," pungkas dia. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru