Imigrasi Siap Bersinergi untuk Cegah Virus Corona di Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Januari 2020 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Unit kerja Imigrasi Kelas II TPI Sampit di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) siap melakukan koordinasi dan bersinergi lintas sektor, untuk mencegah masuknya Virus Corona.

"Jadi kami ini membawahi 2 tempat pemeriksaan imigrasi, yaitu Sampit dan Kumai, Kabupaten Kobar. Intinya, kami siap bersinergi mencegah masuknya virus corona," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit, Iwan Irawan, Senin, 27 Januari 2020.

Dia menjelaskan, pada 2 tempat pemeriksaan tersebut, ada pemeriksaan terhadap alat angkut (kapal) barang yang di dalamnya terdapat crew dari berbagai negara.

Di setiap pelabuhan atau bandara internasional, terdapat 3 instansi yang memiliki tugas fungsi yang berbeda, kewenangnya yaitu custom immigration quarantine (CIQ).

Sebelum orang asing atau kapal asing yang masuk ke wilayah Indonesia, CIQ terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan, sesuai tugas pokok dan fungsi serta kewenangannya.

"Untuk saat ini kami bekerja sesuai tupoksi dan kewenangan masing-masing, jika nantinya diminta, kami siap untuk bersinergi untuk pencegahan masuknya virus corona," tutupnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru