Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antrean di Dukcapil Barito Timur Meningkat, Paling Banyak Perbaikan Akta Kelahiran

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 Januari 2020 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pada Januari 2020 ini masyarakat yang mengurus dokumennya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Barito Timur mengalami peningkatan.

Kepala Dukcapil Barito Timur, Nakaria F Pundeh menjelaskan peningkatan ini terjadi karena banyak masyarakat yang mengurus perbaikan akta kelahiran.

"Karena akta kelahiran itu banyak yang datanya salah. Yang sering salah itu nama ayah, nama ibu dan nama yang bersangkutan, itu harus disesuaikan dengan kartu keluarga. Semua dokumen yang lain seperti KTP, akta kelahiran dan yang lainnya harus sesuai kartu keluarga," kata Nakaria, Senin 27 Januari 2020.

Lanjutnya, keperluan lain yang banyak diurus masyarakat Barito Timur pada awal tahun ini adalah legalisir KTP.

"Awal tahun ini kan banyak penerimaan seperti penerimaan anggota TNI, Polri dan penerimaan perangkat desa, itu yang banyak," imbuhnya.

Terkait ketersediaan blanko KTP, Nakaria menuturkan saat ini Dukcapil masih memprioritaskan pencetakan KTP-El bagi pemula.

"Ketersedian blanko KTP-El masih terbatas. Akhir tahun 2019 saya rapat di Jakarta, kita dapat bantuan cuma 1.000 lembar blanko KTP-El sedangkan PRR (Print Ready record) kita sudah hampir 3.000, karena itu pak Dirjen memerintahkan untuk memprioritaskan PRR dulu," katanya. (BOLE MALO/B-6) 


TAGS:

Berita Terbaru