Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Hebat Hanguskan 17 Rumah, 1 Gedung SD dan 5 Bangunan Sarang Walet

  • Oleh Uriutu
  • 28 Januari 2020 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kebakaran hebat meluluh lantakan 17 belas rumah warga, 1 gedung sekolah dasar (SD), dan 5 bangunan sarang walet di Desa Tarusan, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan, Selasa 28 Januari 2020 sekitar pukul 00.00 WIB.

Kepala Desa Tarusan, Sabarudin mengatakan data lainnya 2 rumah lainnya milik warga hanya terkena imbas atau mengalami kerusakan sedang.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi, api pertama kali terlihat dari rumah Ahmad Kusasi warga RT 8 kemudian api dengan cepat merambat ke rumah warga lainnya.

“Api juga membakar gedung sekolah dan sarang walet, namun dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, hanya saja seluruh harta benda tidak dapat diselematkan,” bebernya.

Karena jauh dari pusat kota dan tidak memiliki peralatan pemadam kebakaran, maka pihak Pemdes bersama para warga, berjuang memadamkan api hanya dengan peralatan seadanya. Kurang lebih 4 jam kemudian atau sekitar pukul 04.00 WIB, api berhasil dipadamkan.

Dia menambahkan sementara  untuk kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah, mengingat 17 rumah warga, 1 sekolah dan lima sarang walet ludes terbakar serta dua rumah terdampak.

Berdasarkan hasil pendataan sementara jumlah Kepala Keluarga korban kebakaran sebanyak 22 KK atau 75 jiwa dan 20 orang di antaranya balita.

Sementara dikonfirmasi Kapolsek Dusun Utara IPDA Normandi membenarkan  peristiwa kebakaran diwilayah hukumnya “Saat ini kita sedang melakukan penyelidikan penyabab kebakaran dan menginvetarisir kerugian,” ucap dia singkat. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru