Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

15 Desa di Pangkalan Banteng Diusulkan Jadi SPR Ternak Kambing

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Januari 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekitar 15 desa di Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat diusulkan menjadi Sentra Peternakan Rakyat atau SPR ternak kambing dengan pusat sentra bisnis di Desa Sidomulyo. Usulan ini disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kecamatan tersebut belum lama ini.

Kabid Pasca Panen SDM dan Kelembagaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kobar M Rubiansyah pada Selasa, 28 Januari 2020 mengatakan, usulan itu sudah sesuai dengan SK Bupati Kobar, Nurhidayah yang menyebutkan ada 2 kecamatan menjadi SPR ternak kambing. Yakni Pangkalan Banteng dan Kotawaringin Lama (Kolam).

"SPR ini dilakukan untuk memperkuat jejaring bisnis peternakan yang juga berpotensi dijadikan lokasi wisata, edukasi kampung kambing," kata Rubiansyah.

Menurut Rubiansyah, ternak kambing yang dikembangkan dilokasi tersebut berjenis peranakan etawwa (PE).

"Dengan adanya SPR ini, rencananya tahun 2020 ini dibentuk sentra bisnis yang melibatkan penyuluh, jejaring dan peternak. Tujuannya tahun 2021 di wilayah tersebut sudah benar-benar siap menjadi sentra pengembangan peternakan kambing," jelasnya.

Menurut Rubiansyah, potensi bisnis kambing di Kobar tergolong baik. "Sebagai contoh saat hari raya Idul Adha. Kobar mendatangkan kambing sekitar 1000 ekor dari luar. Belum lagi untuk keperluan harian," tutunya. (WAHYU KRIDA/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru