Soal Knalpot Racing, Kapolresta Palangka Raya: Edukasi dari Orang Tua Sangat Diperlukan

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 28 Januari 2020 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolresta Palangka Raya Kombes Dwi Tunggal Jaladri sangat mengharapkan peran orang tua dalam menertibkan anaknya terkait penggunaan knalpot racing.

"Banyak dari knalpot racing yang disita ini dari para pelajar atau remaja yang notabene masih membutuhkan pendampingan orang tua. Untuk itu, edukasi dari orang tua dalam konteks ini sangat diperlukan," jelas Kapolresta disela-sela pemusnahan knalpot racing di Mapolresta Palangka Raya, Selasa, 28 Januari 2020.

"JIka membelikan motor harus dinasihati untuk tidak dimodifikasi atau menggunakan knalpot racing yang secara aturan lalu lintas sudah dilarang," tambah Jaladri.

Menurut Jaladri, peran orang tua di lingkup terkecil yaitu keluarga sangat berguna. Bahkan diyakini bisa dipahami oleh para remaja atau pelajar yang tingkat pemahamannya masih rendah. Edukasi tentunya harus diberikan sesering mungkin. 

"Kalau peran orang tua jalan otomatis akan sangat membantu kami untuk menjadikan Palangka Raya bebas kebisingan dari knalpot racing atau brong yang belakangan ini meresahkan warga dan juga pengguna jalan lainnya," ujarnya.

Sekedar informasi, sejak tanggal 18 Januari hingga 26 Januari 2020, Polresta Palangka sudah mengamankan 98 knalpot racing atau brong disejumlah titik di Kota Palangka Raya. Puluhan knalpot tersebut sudah dimusnahkan di Mapolresta Palangka Raya disaksikan oleh sejumlah pihak dan awak media. (ARNOL/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru