Obyek Wisata Riam Kendong Segera Berkontribusi Bagi PAD

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Januari 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Obyek Wisata Riam Kendong yang berada di Desa Batuah Kecamatan Raren Batuah segera memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah atau PAD Barito Timur.

"Riam kendong sudah masuk tahap pengelolaan, nanti tanggal 6 Februari rencananya akan dibahas perjanjian kerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi, KPHP Buntok dan PT PJU," ujar Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Barito Timur Forty Rickyannou, Selasa, 28 Januari 2020.

Menurutnya, sejak diresmikan oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas pada tanggal 27 Oktober 2019, pemerintah daerah belum memungut retribusi bagi pengunjung obyek wisata tersebut.

"Jika perjanjian kerja sama nanti sudah ditandatangani maka pemerintah daerah memiliki legalitas untuk melakukan pemungutan retribusi pada obyek wisata tersebut, sehingga dapat menjadi sumber PAD," imbuh Forty.

Dia menjelaskan bahwa Barito Timur sebenarnya memiliki cukup banyak potensi obyek wisata, namun seringkali yang menjadi kendala adalah akses jalan menuju kawasan itu.


"Di Riam Kendong itu pada buku tamunya kebanyakan pengunjung minta tolong jalannya dibangun. Tahun ini mungkin Dinas PUPR akan bangun jalan di sana," papar Forty.

Obyek wisata Riam Kendong yang berada di kawasan hutan produksi memiliki destinasi wisata yakni air terjun dan pemandian air panas. Pengelolaan obyek wisata tersebut ditangani langsung oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait. (BOLE MALO/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru