Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menkominfo Sebut Investor Tunggu RUU Perlindungan Data Pribadi

  • Oleh Teras.id
  • 29 Januari 2020 - 11:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan ada dua perusahaan asing yang telah menyatakan niat bakal menanamkan modalnya ke Indonesia jika Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan RUU Perlindungan Data Pribadi.

"Kemarin saya ke Davos (Swiss) sudah berbicara dengan Amazon. Dia akan investasi besar di Indonesia," tuturnya di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Januari 2020.

Johnny menyatakan Amazon akan membangun 22 pusat data di dunia. Ia bahkan mengklaim, pusat data pertama milik perusahaan teknologi multinasional yang berbasis di Amerika Serikat itu akan dibangun di Indonesia

Selain Amazon, kata dia, Microsoft juga telah menjajaki rencana kerja sama dengan Indonesia. Seperti Amazon, Microsoft bakal membangun pusat data untuk mendukung terlaksananya perlindungan data pribadi penduduk di Indonesia.

"Nilai investasi (Microsoft) jumlahnya bukan hanya jutaan dolar, tapi ratusan juta atau miliaran dolar," tuturnya.

Niat Microsoft menjajaki kerja sama dengan Indonesia sebelumnya telah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut mengklaim bahwa Microsoft Corporation berminat menanam modal senilai US$ 1 miliar ke Indonesia.

Angka investasi Microsoft Inc. itu setara dengan Rp 14 triliun (asumsi nilai tukar Rp 14 ribu). "Investasi US$ 1 miliar ini akan dipakai untuk database," ujar Luhut di kantornya, 17 Januari 2020. 

Luhut mengatakan perwakilan perusahaan yang didirikan Bill Gates ini sudah menemuinya secara langsung. Ihwal kelanjutan kesepakatan dengan perusahaan tersebut, Luhut berharap akan terealisasi secepatnya.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru