Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pohon Beringin Raksasa Berusia Ratusan Tahun di Ujung Murung Kapuas Tumbang Timpa Sejumlah Bangunan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Januari 2020 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebuah pohon beringin raksasa di kawasan Ujung Murung Kuala Kapuas, tepatnya di Jalan Soegiman tumbang. Pohon itu menimpa sejumlah bangunan sekitar, Rabu, 29 Januari 2020 dinihari tadi.

Pohon yang diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu saat tumbang bagian dahannya menimpa sejumlah bangunan. Di antaranya kantor unit pelayanan PLN dan sebagian rumah dinas, kios adiguna, serta tempat parkir mobil karyawan PT Karya Sejati.

Selain itu, bangunan gudang atau eks kantor Satpolair Polres Kapuas juga rusak karena terkena bagian akar yang terangkat dari pohon yang tumbang itu. Ditambah sejumlah mobil yang terparkir di sekitar juga ada yang penyok dan sebagian kaca pecah.

Bahkan pohon yang terbilang sangat besar dan rindang ini sempat menutup penuh Jalan Soegiman sebelum dilakukan evakuasi oleh instansi terkait.

"Iya, pohon ini beberapa hari sebelumnya sudah terlihat condong atau miring seperti mau tumbang," ucap warga sekitar, Muli.

Lebih lanjut, ia menuturkan saat kejadian itu sekitar pukul 01.40 WIB dinihari, kondisi cuaca gerimis dan angin tidak terlalu kencang. Tiba-tiba pohon tumbang dan sempat mengagetkan warga sekitar. 

"Kemungkinan karena sudah tua juga pohonnya, sehingga tumbang," tuturnya.

Saat ini, petugas dari Dinas PUPR-PKP Kapuas melalui Bidang Pertamanan dan Kebersihan, petugas PLN, dan instansi terkait lainnya dibantu warga sekitar tengah mengevakuasi pohon yang tumbang itu. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru