Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibu Hamil Harus Konsumsi Makanan Sehat untuk Cegah Stunting

  • Oleh Hendri
  • 31 Januari 2020 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengajak para ibu hamil agar selalu memperhatikan asupan gizi yang sehat pada saat mengandung untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

Ia mengatakan memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil merupakan tindakan yang relatif ampuh untuk mencegah stunting pada anak.

Ia menyarankan agar ibu yang sedang mengandung selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi maupun suplemen atas anjuran dokter.

"Perempuan yang sedang menjalani proses kehamilan juga sebaiknya rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter atau bidan," katanya seusai senam bersama mempertingati Hari Gizi Nasional, Jumat 31 Januari 2020.

Umi juga menyarankan kepada para ibu jika setelah melahirkan sampai bayi berusia 6 bulan maka sanga bayi terus diberikan ASI eksklusif. Cara ini penting mengurangi peluang stunting pada anak berkat kandungan gizi mikro dan makro.

"Sebab itu ibu disarankan untuk tetap memberikan ASI eksklusif selama enam bulan kepada sang buah hati," ucapnya. Orang tua perlu terus memantau tumbuh kembang anak terutama dari tinggi dan berat badan anak.

Lakukan pemeriksaan secara berkala ke Posyandu maupun klinik khusus anak. Dengan begitu akan lebih mudah bagi ibu untuk mengetahui gejala awal gangguan dan penanganannya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru