Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pekebun Sawit Seruyan Dapat Program Peremajaan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 01 Februari 2020 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pekebun kelapa sawit di Kabupaten Seruyan  mulai tahun 2019, mendapatkan program Replanting atau peremajaan kelapa sawit, untuk kebun yang telah menurun produktifitasnya.

Plt Kadis Ketahananan Pangan dan Pertanian Seruyan, Albidinnor mengatakan,  untuk tahap pertama dan kedua  dari realisasi program ini, sudah terlaksana penandatangam perjanjian kerjasama  tiga pihak.

Tiga pihak ini, Bank Kalteng  sebagai bank penyaluran dana, BPDPKS  sebagai sumber dana dan pihak pekebun tergabung dalam Koperasi, yang mendapatkan  dana dari program peremajaan kelapa sawit.

Adapun  pada tahap pertama koperasi pekebun yang memperoleh program ini, koperasi Berkat Abadi 106, 6 ha, koperasi  Sawit Jaya 116,4 hektar dan koperasi Sawit Bangkit 61,9 hektar

“Untuk tahap pertama yang sudah mendapatkan dana siap cair total lahan seluas 284,9 hektar, dengan besaran Rp 25 juta per hektar nya,” jelas Albidinor, Sabtu, 1 Februari 2020.

Sedangkan untuk tahap kedua, Koperasi Berkat Abadi 96,4 hektar, KSU Usaha Bersama 79,4 hektar , Sawit Jaya 190,2 hektar, Sawit Bangkit 89,7 hektar   dengan total  luasan 455, 7 hektar

“Hingga saat ini,  total lahan program peremajaan dan sudah menandatangani perjanjian tiga pihak sebanyak 740,6 hektar, Pemkab Seruyan berharap dengan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan pekebun sawit di Seruyan,” tandasnya. (FAHRUL HAIDI/B-5)

Berita Terbaru