Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kapuas akan Bantu Peralatan Pemadam Kebakaran untuk 17 Kecamatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Februari 2020 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Kapuas bakal men-support peralatan pemadam kebakaran (damkar) di 17 kecamatan. Salah satunya, dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Jadi 17 kecamatan itu nanti di tahun ini kita bantu satu unit mobil tangki lengkap dengan mesin, selang dan peralatannya. Serta 1 unit tossa lengkap dengan peralatannya," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga, Minggu, 2 Februari 2020.

Menurut dia, pengadaan sarana dan prasarana untuk penanggulangan kebakaran penting dilakukan di setiap kecamatan. Karena, lanjut dia selama ini kendala di lapangan itu keterbatasan alat.

"Karena terbatas di 17 kecamatan sarana dan prasarana, penanganan karhutla terkendala. Dan bahkan ada kecamatan yang tidak punya selain dari kelompok MPA. Itupun terbatas," tuturnya.

"Kita support pos lapang yang nantinya dikomandoi camat, kapolsek dan Danramil untuk penanganan karhutla," tambah dia.

Dia berharap dengan terpenuhi nantinya jajaran camat, Kapolsek, Danramil mampu menangani wilayahnya dan mampu menangani menekan jangan sampai terjadi karhutla.

"Tetapi tetap kita mengutamakan pencegagan dan kesiapsiagaan," katanya.

Selain itu, terkait pengelolaan aset itu ia menjelaskan nanti itu kemungkinan polanya mutasi aset. Apabila barang itu sudah ada. Nantinya, BPBD akan berkoordinasi dengan BPKAD.

Berkaitan dengan anggaran tersebut ia menuturkan sudah masuk di Rencana Kerja Anggaran (RKA).

"Kita tinggal menunggu DPA nya selesai ditandatangani tim anggaran. Kita kemarin berjuang di pusat melalui dana DBHDR dan itu masuk di APBD," tuturnya.

Sedangkan, berkaitan dengan perawatan peralatan tersebut juga akan diserahkan langsung di kecamatan penerima. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru