Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Posisi Rumah Lebih Rendah Dari Parit, Rumah Ini Kebanjiran

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Februari 2020 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hujan lebat yang terjadi pada Selasa, 4 Februari 2020 kemarin mengakibatkan 3 rumah di Jalan Singa Maruta Gang Walet dan 1 rumah di Gang Musang, kebanjiran. Selain hujan, penyebab lainnya adalah posisi rumah lebih rendah dari parit.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kobar Pahrul Laji. Ia menuturkan, saat memasuki musim penghujan sudah 2 kali menangani rumah warga kebanjiran dengan penyebab yang sama, lantai rumah lebih rendah dari drainase.

"Penyebabnya posisi rumah yang lebih rendah dari parit merupakan penyebab banjir. Parit yang berada di depan rumah terlalu kecil dan tidak sanggup untuk menampung luapan air," ujarnya kepada Borneonews melalui pesan singkat, Rabu, 5 Februari 2020.

Ia menambahkan, selain posisi rumah rendah dari parit, intensitas hujan yang tinggi juga membuat air meluap hingga masuk ke teras rumah warga dengan ketinggian mencapai 10 - 25 cm.

Dalam menghadapi musibah banjir, lanjutnya, BPBD Kobar memiliki Tim Reaksi Cepat BPBD yang siap meluncur ketika ada laporan masyarakat.


"Seperti kemarin, kami menerjunkan 10 orang anggota TRC dengan membawa peralatan berupa 2 mesin pompa dan 1 unit Mobil Rescue untuk membantu menyedot air lalu dialirkan ke parit," ucapnya.

Pihaknya mengimbau seluruh masyarakat Kobar agar tidak membuang sampah di sembarang tempat seperti parit, sungai maupun jalan. Sebab jika sembarangan, saat hujan semua sampah akan terseret air dan berkumpul di titik rendah yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air.

"Kalau saluran tersumbat, maka air tidak dapat mengalir dan akan meluap ke sekitarnya," katanya.

Untuk melaporkan kejadian bencana, masyarakat Kobar dapat segera menghubungi BPBD melalui media sosial seperti twitter, facebook serta instagram BPBDKOBAR atau dapat menghubungi kontak person Kasi Pencegahan, Pahrul Laji (0813 4903 2484) atau Kasi Kedaruratan, Sudiro Suryandaru. (0857 5116 6464). (DANANG/B-7)

Berita Terbaru