Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 12 Faktor Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Februari 2020 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kasi Pendidikan Madrasah atau Dikmad Kemenag Kapuas Sajarwan menyebutkan, ada 12 faktor untuk mewujudkan madrasah yang hebat bermartabat.

Selain itu, untuk mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat juga perlu dipenuhi 9 unsur pendukung. Mulai dari sarana dan prasarana, guru, murid, tatanan organisasi, dan mekanisme kerja.

"Kemudian faktor kemitraan, komitmen/sistem nilai, motivasi, iklim kerja dan semangat kerja. Juga keterlibatan wakil kepala sekolah dan guru-guru serta fakror kepemimpinan sekolah," ucap Sajarwan, Rabu, 5 Februari 2020.

Dia menuturkan pendidikan merupakan persoalan yang sangat penting bagi masyarakat. Sebab, sebagai tumpuan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat. Untuk itu, perlu adanya peningkatan mutu pendidikan terutama pendidik.

“Diharapkan juga guru madrasah yang profesional di abad 21 yang terampil dalam pengajaran," harapnya.

Sehingga, mampu membangun dan mengembangkan hubungan antara guru dan madrasah dengan komunitas yang luas. Dan seorang pembelajar sekaligus agen perubahan di madrasah.

"Bagaiamana pun juga canggihnya tekhnologi dan media pembelajaran modern, tetapi keberadaan guru profesional lebih diutamakan dan tidak tergantikan dalam mewujudkan generasi yang berkarakter, hebat, serta berkualitas dunia akhirat," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru