Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perpustakaan Kobar Hibahkan Puluhan Buku ke 2 Desa untuk Tingkatkan Gemar Membaca

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 Februari 2020 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka meningkatkan kegemaran membaca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipak (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menghibahkan 50 buk, ke perpustakaan Teluk Bogam dan Sungai Bakau.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kobar, Zainah menyampaikan kegiatan ini sekaligus monitoring dan advokasi penyelengaraan dan hibah buku 50 eksemplar ke 2 desa.

"Monitoring dan advokasi penyelenggaran ini untuk melakukan pembinaan dan memonitor keberadaan dan keaktifan aktivitas perpustakaan Desa Teluk Bogam dan Sungai Bakau," ujarnya, Kamis, 6 Februari 2020.

Ia berharap dengan penyerahan bantuan hibah buku kepada masing-masing desa 50 eksemplar buku bisa meningkatkan serta mewujudkan upaya kegemaran membaca masyarakat.

Pemkab Kobar mendorong perangkat desa untuk membangun layanan perpustakaan, yang sesuai dengan standar nasional dengan fasilitas yang baik nyaman dan menarik.

Karena melalui perpustakaan bisa meningkatkan kegemaran membaca masyarakat, sehingga diharapkan bisa mengurangi kecanduan anak terhadap dampak negatif kemajuan teknologi.

“Anak-anak dan masyarakt desa harus diperkenalkan dengan perpustakaan sejak usia dini agar kelak mereka terbiasa membaca buku bahkan bisa mencintai buku," katanya.

Diharapkan dengan adanya perpustakaan desa, maka masyarakat akan mendapatkan banyak pengetahuan baru dari bacaan mereka yang tersedia di perpustakaan desa, sehingga mereka akan mendapatkan ide-ide kreatif dan inovatif yang menguntungkan, bagi masyarakat desa dan untuk pembangunan desa. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru