Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Selatan: Perawat Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan

  • Oleh Uriutu
  • 06 Februari 2020 - 18:30 WIB


BORNEONEWS, Buntok – Wakil Bupati Barito Selatan Satya Titiek Atyani Djoedir menyebutkan perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Demikian disampaikannya, usai membuka pelantikan DPD dan DPK Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan seminar keperawatan, di Jaro Pirarahan Buntok, Kamis, 6 Febuari 2020.

Wakil Bupati mengatakan, keberhasilan pembangunan kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh berbagai aspek. Salah satunya dari pelaksana pelayanan kesehatan.

Perawat, lanjut dia, merupakan salah satu unsur pembangunan kesehatan yang saat ini mempunyai populasi terbanyak diantara profesi keshatan lainnya.

“Artinya perawat ini sebagai ujung tombak pemberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat di berbagai instansi,” kata Aty Djoedir usai kegiatan.

Ia membeberkan, berdasarkan data jumlah perawat yang ada di Barsel kurang lebih 475 orang yang tersebar di Dinkes, Rumah Sakit, Puskesmas, Puskesmas pembantu, Poskesdes dan klinik swasta.

Bahkan, sambung dia, juga perawat dirumah tahanan, perawat di Polres, dan perawat di Kodim.

“Secara otomatis para perawat ini memberikan pengaruh terhadap pembangunan nasional khusunya bidang kesehatan,” beber dia.

Apalagi, lanjut dia, Kemenkes melalui lembaga Komisi Akreditasi Rumah Sakit atau KARS melaksanakan akreditasi dilingkup fasilitas kesehatan dan pemberi pelayanan kesehatan, baik itu di Pusksmas maupun di rumah sakit.

Hal itu, sambung dia, sebagai salah satu syarat agar bisa bekerjasama dengan BPJS.

Berita Terbaru