Kasongan Diguyur Hujan Selama Sehari Semalam

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Februari 2020 - 16:01 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kota Kasongan dan sekitarnya di Kabupaten Katingan sejak Kamis mala, 6 Februari 2020 hingga Jumat siang, 7 Februari 2020 diguyur hujan.

Hujan yang menguyur Kasongan awalnya cukup lebat dengan disertai sambaran petir. Namun hujan lebat hanya berlangsung tidak lebih dari tiga jam, dan selebihnya hingga siang hari ini hujan turun dengan intensitas sedang.

Akibat hujan yang mengguyur Kasongan dan sekitarnya, sejumlah jalan dan pekarangan warga tampak tergenang air.

Hujan yang terjadi di Kasongan juga sempat menyebabkan jaringan listrik PLN padam hingga beberapa saat lamanya, terutama di jalur Jalan Trans Kalimantan. Hujan lebat ini juga menyebabkan kondisi debit air Sungai Katingan terus meningkat.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, berdasarkan pantauan pihaknya dan juga data pihak BMKG Kalteng, selain Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, hujan lebat juga mengguyur sejumlah wilayah kecamatan lainnya di Kabupaten Katingan.

Seperti Katingan Tengah, Petak Malai, Kamipang, Tasik Payawan, Pulau Malan, Kecamatan Sanaman Manrtikei dan Kecamatan Tewang Sanggalang Garing.

Namun demikian, kata Eka Surya Dilaga belum ada terjadi bencana banjir di daerahnya, meski diakuinya di sejumlah wilayah debit air Sungai Katingan meninggi. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru