Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba di Kalteng Menurun

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 07 Februari 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tingkat penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang di Provinsi Kalimantan Tengah telah mengalami penurunan.

Meski secara nasional Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Indonesia darurat narkoba, tapi berdasarkan hasil survei LIPI yang bekerja sama dengan BNN 2019 diketahui jika Provinsi Kalimantan Tengah berada pada posisi ke 23 dari 34 provinsi.

“Hasil penelitian tahun lalu membuktikan bahwa Kalteng prevalensi penyalahgunaan narkobanya berada di bawah rata-rata nasional  0,70 persen atau 18.621 orang,” ujar Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Marudut Hutabarat melalui Plt Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat M Soeja’l, Jumat 07 Februari 2020.

Menurut Soeja’l jika dibandingkan dengan hasil survey 2017, prevelensi Provinsi Kalteng mengalami penurun sekitar 1,98 persen atau dari peringkat ke 5 nasional.

“Ini semua tentu berkat kerja sama semua pihak baik itu Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang ada diseluruh Kalimantan Tengah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika,” jelasnya.

Lebih jauh dirinya menegaskan, meski mengalami penurunan prevalensi dari rata-rata nasional tetapi pihak BNNP Kalteng terus berupaya maksimal dalam melakukan pencegahan dan penindakan agar Kalteng bebas narkotika.

“Hasil survey ini jangan membuat kita lengah dalam mengantisipasi permasalahan-permasalahan narkoba di Provinsi Kalimantan Tengah”, imbuhnya. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru