Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Acara Tahlilan Gus Sholah, Ini kata JK

  • Oleh Inilah.com
  • 09 Februari 2020 - 07:15 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Mantan wakil presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) dan mantan cawapres Sandiaga Uno menghadiri acara tahlilan KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah).

JK tiba di kediaman mendiang Gus Sholah di Jalan Bangka Raya, Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2/2020), pukul 20.28 WIB. Sedangkan Sandiaga tiba pada pukul 20.46 WIB. Mereka berdua masuk ke ruang tengah kediaman Gus Sholah. Tahlilan di kediaman Gus Sholah dimulai setelah salat Isya.

Pada kesempatan itu, JK mengenang kala berbincang tentang persatuan dengan Gus Sholah. Termasuk saat pertemuan-pertemuan terakhir sebelum Gus Sholah meninggal.

"Dalam berbagai pertemuan terakhir, bagaimana bangsa maju, bagaimana politik untuk persatuan, bukan perpecahan," ucap JK.

JK mengatakan Gus Solah pun selalu mengaitkan agama dengan persatuan. Menurut JK, Gus Sholah berpesan agama bisa sebagai upaya untuk mencapai kemajuan.

"Bahwa agama bukan hanya ibadah semata, tapi bagaimana perkuat upaya kita capai kemajuan. Maka amal ibadah yang harus dilanjutkan," kata JK.

Sementara itu, Sandiaga mengaku mendapat amanah sebelum Gus Sholah wafat. Gus Sholah ingin agar Pondok Pesantren Tebuireng, yang dia pimpin semasa hidup, memiliki program kewirausahaan yang baik.

"Salah satu yang tugas terakhir daripada almarhum beliau kepada saya adalah merancang program kewirausahaan di Tebuireng dan insyaallah nanti akan saya lanjutkan bersama sahabat saya Gus Ipang (putra Gus Sholeh, Irfan Wahid)," kata Sandiaga.

INILAHCOM

Berita Terbaru