Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Katingan Mulai Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Februari 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Daeah aliran sungai atau DAS Katingan di Kabupaten Katingan saat ini mulai meluap ke permukaan.

Pantauan borneonews.co.id di sekitar Jembatan Sei Katingan di Kasongan pada Minggu, 9 Februari 2020, air Sungai Katingan meluap dan menggenangi permukiman warga. Luapan air juga mulai menggenangi areal Taman Religi Kasongan bawah jembatan.

Mulai meluapnya air Sungai Katingan ini karena curah hujan sejak beberapa hari terakhir di Kabupaten Katingan tergolong tinggi. Termasuk hari ini, Kota Kasongan dan sekitarnya juga diguyur hujan, meski tidak lebat.

Warga Kabupaten Katingan terutama yang bermukim di bantaran Sungai Katingan diimbau agar selalu mewaspadai luapan air sungai itu.

"Kita imbau kepada warga masyarakat terutama yang tinggal di bantaran Sungai Katingan agar selalu waspada terhadap kenaikan air Sungai Katingan ini," sebut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga.

Ia mengakui saat ini ketinggian air Sungai Katingan di atas normal. "Saya sudah perintahkan kepada tim BPBD Kabupaten Katingan untuk siap siaga," sebutnya.

Selain wilayah Kasongan dan sekitarnya di Kecamatan Katingan Hilir, Sungai Katingan di sejumlah wilayah kecamatan lainnya saat ini juga sudah mulai meluap. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru