Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Minta SOPD Jangan Hanya Berharap Dana APBD

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 10 Februari 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo meminta Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Pulang Pisau jangan hanya berkutat atau mengharap dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). SOPD diharapkan kreatif dan berinovasi mencari dana di pemerintah pusat. 

Edy mengatakan, jika hanya mengharap dana APBD maka SOPD itu akan tertinggal. Sebab, dana APBD sangat terbatas. 

"Sementara program pemerintah pusat itu sangat banyak. Tinggal bagaimana kita bisa meyakinkan pemerintah pusat agar program itu bisa turun untuk daerah kita," kata Edy, Senin, 10 Januari 2020. 

Karena, lanjut Edy, banyak juga pastinya daerah lain yang ingin program pemerintah pusat itu masuk ke daerah mereka. Sehingga, diperlukan inovasi dan kreatifitas dari masing-masing SOPD agar membiasakan jemput bola. 

"Jangan hanya pasrah dengan anggaran yang ada. Tetapi bergeraklah untuk mencari program dari pemerintah pusat," ujar dia. 

Edy mengungkapkan, sangat penting program yang disusun oleh masing-masing SOPD itu selaras dengan program pemerintah pusat. Supaya, bantuan pemerintah pusat bisa lebih mudah masuk ke daerah. 

"Saya harap ini jadi perhatian semua SOPD. Karena semakin banyak program pemerintah pusat yang masuk, maka semakin cepat juga pembangunan daerah berkembang," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-7)

Berita Terbaru