Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Katingan Rekrut 161 Panwaslu Desa dan Kelurahan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Februari 2020 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pihak Badan Pengawas Prmilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Katingan bakal merekrut 161 petugas pengawas pemilu atau Panwaslu desa/kelurahan.

"Mengawal pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng, Bawaslu Kabupaten Katingan terus melakukan berbagai persiapan. Di antaranya merekrut Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Katingan," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Katingan, Yosafat E Kawung, Selasa, 11 Februari 2020.

Menurutnya, pihaknya akan melakukan rekrutmen Panwaslu kelurahan atau desa yang tahapan pengumuman pendaftarannya dimulai sejak tanggal 10 sampai 16 Februari 2020.

Sedangkan untuk tahapan penerimaan berkas pendaftaran dimulai sejak tanggal 16 sampai 22 Februari 2020. 

"Setiap kelurahan atau desa dibutuhkan 1 orang Panwaslu. Jadi untuk Kabupaten Katingan total yang dibutuhkan adalah 161 orang," ungkapnya. 

Ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Katingan yang ingin berpartisipasi mengawasi tahapan penyelenggaraan Pilkada Kalteng tahun 2020 untuk mendaftarkan diri di kantor Panwaslu Kecamatan masing-masing.

Sesuai juknis Bawaslu RI bahwa Panwaslu kelurahan atau desa harus sudah terbentuk dan dilantik pada tanggal 13 Maret 2020. Sedangkan untuk pengambilan formulir pendaftaran atau untuk melihat persyaratan bisa langsung datang ke kantor Panwaslu kecamatan atau kantor desa masing-masing atau bisa juga kunjungi laman website Bawaslu Katingan.

Yosafat menambahkan, adapun tugas dan wewenang panwaslu kelurahan atau desa di antaranya mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 di tingkat kelurahan atau desa seperti pemutahiran daftar pemilih, penetapan daftar pemilih, kampanye, pungut hitung dan rekapitulasi di TPS.

Kemudian pengumuman hasil pungut hitung dari TPS di kantor PPS, pendistribusian logistik dan pemantauan pergerakan surat suara dari TPS ke PPK. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru