Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Murung Raya Minta Pemerintah Desa dan BUMDes Berinovasi

  • Oleh Reno
  • 11 Februari 2020 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan atau PPP DPRD Murung Raya, Johansyah meminta agar pemerintah desa atau Pemdes lebih produktif lagi dalam melaksanakan pembangunan.

Pemdes diminta berinovasi menggali potensi desa yang dapat menambah pendapatan asli desa agar desa lebih makmur.

Dia meminta agar Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes bukan hanya untuk pajangan, yang mana harus lebih produktif lagi menciptakan keutungan desa.

"Antara Pemdes dengan BUMDes ini harus ada sinergi yang baik untuk kemakmuran desa mereka," kata Johansyah, Senin 11 Februari 2020.

Menurutnya dengan bersinergi saling berkoordinasi, tentu akan ada kesamaan persepsi dalam rangka melahirkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan usaha BUMDes. 

"Artinya pihak Pemdes juga tidak dapat melepas serta merta terhadap BUMDes ini. Mari gotong royong untuk bersama membangun desa," jelasnya.

Keberadaan BUMDes paling tidak bisa mengerakkan ekonomi rakyat dan menghasilkan pendapatan asli desanya. Jadi, perlu kemampuan untuk menganalisa usaha dan bidang apa yang mau dibangun.

"Karena BUMDes secara langsung merangsang roda perekonomian dan menjadi lokomotif perkembangan desa, untuk mengurangi angka kemiskinan masyarakat desa, kan itu tujuannya," jelasnya.

Dia meminta agar setiap desa berbeda-beda dalam hal melaksanakan program BUMDes untuk menggerakan perekonomian di desa sehingga pergerakan ekonomi di desa bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Dia meminta agar Pemdes tetap melakukan pembangunan sesuai dengan skala prioritas yang memang dibutuhkan masyarakat.

Berita Terbaru