Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Jalan di Tasik Payawan Katingan masih Tergenang Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Februari 2020 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah jalan di wilayah Kecamatan Tasik Payawan Kabupaten Katingan hingga Selasa, 11 Februari 2020 masih digenangi banjir.

Selain jalan menuju Desa Luwuk Kanan, ruas jalan menuju Petak Bahandang dan Desa Talingke juga masih kebanjiran.

Menurut warga Desa Talingke, kondisi jalan menuju desanya saat ini masih terendam banjir. "Panjang jalan yang terendam banjir itu lebih dari 500 meter," ucap Zulkarnaen warga Desa Talingke.

Menurutnya, warga desa yang hendak menuju Petak Bahandang atau Kereng Pangi atau daerah lain harus menggunakan jasa fery modifikasi untuk menyeberang jalan yang kebanjiran itu.

Ketinggian banjir lebih dari satu meter. Dari informasi yang diperoleh, ruas jalan menuju Desa Talingke yang masih terendam banjir ini pada 2016 lalu tidak selesai ditimbun oleh pihak kontraktor.

Akibatnya jalan tersebut lebih rendah dibanding dengan jalan lain yang telah dilakukan penimbunan.

Dan hingga kini belum ada anggaran dari APBD Kabupaten Katingan untuk menimbun ruas jalan sepanjang sekitar 600 meter itu.

Akibatnya, saat musim penghujan ruas jalan itu selalu terendam banjir. Sementara itu banjir juga masih menggenangi jalan menuju Petak Bahandang.

Ada dua titik jalan yang kebanjiran itu. Warga pun gotong royong membuat jalan titian dari papan untuk pengendara sepeda motor.

Saat ini jalan titian tersebut sudah bisa difungsikan khusus kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat dan kendaraan besar lainnya masih bisa melintasi dua titik jalan yang banjir itu. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru