Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Jumlah Penderita ODGJ di Murung Raya dan Penanganannya

  • Oleh Syahriansyah
  • 12 Februari 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Jumlah penderita orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di Kabupaten Murung Raya hingga akhir tahun 2019 lalu tercatat 317 penderita. Jumlah tersebut tersebar di 10 Kecamatan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial (Dinsos) Mura, Ellen Yana Kristantie mengatakan, sapai saat ini pihaknya masih terus memberikan penanganan secara optimal untuk 20 persen dari jumlah penderita ODGJ tersebut.

"Dari tahun 2019 hingga sekarang kita telah melakukan kunjungan, menjemput bahkan membina 54 penderita ODGJ di Mura dari data 317 itu," ungkapnya, Rabu, 12 Februari 2020.

Dia menuturkan, dalam beberapa bulan terkahir, ada penambahan 10 penderita ODGJ di Mura yang telah masuk pada data tim rehabilitasi sosial (Resos) atas laporan masyarakat.

Sehingga, hal itu menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura melalui Dinsos Mura karena dalam penanganan ODGJ tidak bisa sekaligus. Alasannya adalah ketebatasan rumah singgah bagi penderita ODGJ yang diberi penanganan hingga sembuh.

"Penanganan tidak bisa dilakukan sekaligus. Jadi ada beberapa aspek prosedur yang kita utamakan terutama pada persetujuan keluarga. Tempat penampungan penderita ODGJ pada rumah singgah kami juga terbatas sehingga mana yang harus menjadi prioritas terlebih dahulu," tutur Ellen. (RIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru