Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Murung Raya Terus Pantau Debit Air Sungai Barito

  • Oleh Syahriansyah
  • 13 Februari 2020 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya (Mura) memantau perkembangan debit air Sungai Barito di musim hujan seperti sekarang ini.

"Debit air Sungai Barito saat ini masih pasang surut. Tetapi, terus kita pantau. Apabila terjadi kenaikan yang signifikan, maka kita akan terjunkan personel untuk monitoring daerah yang rawan banjir," kata Kepala BPBD Mura, Markudius Dani, Kamis, 13 Februari 2020.

Dia menjelaskan, pada beberapa titik di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito BPBD Mura juga telah dipasang alat pengukur debit air. Seperti di Pelabuhan Putir Sikan dan hulu Sungai Barito tepatnya Kecamatan Sumber Barito.

"Alaat pengukur itu yang menjadi acuan bagi kita dalam mengantisipasi bencana banjir. Apabila ketinggian sudah mencapai 5,5 meter, maka dipastikan akan ada beberapa desa yang terdampak banjir, terutama di wilayah Kecamatan Murung," lanjut Markudius.

BPBD Murung Raya juga berharap agar setiap masyarakat yang bermukim di pinggiran Sungai Barito senantiasa waspada apabila terjadi peningkatan debit air.

"Kalau ada peningkatan akan segera kami informasikan ke masyarakat. Tapi, masyarakat di bantaran sungai juga perlu meningkatkan kewaspadaan," pungkasnya. (RIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru