Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Kerja Keras Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

  • Oleh Naco
  • 13 Februari 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Riskon Fabiansyah menyarankan pemerintah kabupaten bekerja lebih keras untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Sebab, potensinya masih sangat besar.

Selain itu, pembangunan di Kotim sangat memerlukan banyak anggaran. Sehingga jangan hanya bergantung kepada dana transfer dari pusat.

"Perlu ada inovasi dalam rangka menggali PAD karena saya lihat potensi masih besar," kata Riskon, Kamis, 13 Februari 2020

Tahun 2020 ini, target PAD Kotawaringin Timur dipatok Rp 270 miliar, sedangkan target PAD 2021 diyakini akan ditetapkan jauh lebih tinggi. 

Anggota Komisi II DPRD Kotim menambahkan, perlu keseriusan dan kerjasama semua pihak untuk meningkatkan PAD sehingga target tersebut bisa dicapai.

Riskon menyarankan, salah satu sektor yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan PAD adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di lahan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Potensi ini dinilai masih sangat besar, apalagi diperkirakan masih banyak objek pajak di areal perusahaan perkebunan yang belum terdata. 

Bidang lain yang bisa dioptimalkan penarikan pajaknya adalah pajak kendaraan bermotor. Langkah ini harus dilakukan bersama samsat untuk penarikan retribusi pajak kendaraan di 17 kecamatan yang ada.

"Sehingga bisa meningkatkan dana bagi hasil dari pemerintah provinsi melalui pembayaran pajak kendaraan bermotor," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru