Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Miliki Banyak Kekayaan Alam yang Bisa Dijadikan Obat

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 13 Februari 2020 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, mengatakan daerah inimemiliki kekayaan alam yang luar biasa untuk dijadikan obat tradisional. Hal itu termaktub dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri di hadapan anggota komisi IX DPR RI, Kamis, 13 Februari 2020.

“Hutan di Kalteng memiliki kekayaan biodiversitas yang tinggi, termasuk didalamnya terdapat tumbuhan hutan yang berkhasiat sebagai obat,” kata Fahrizal Fitri.

Dia mencontohkan, seperti tanaman Bajakah yang sempat viral dan digunakan sebagai obat kanker tersebut hanya sebagian dari potensi yang dimiliki di Bumi Tambun Bungai.

"Tentunya di Kalteng ini ada banyak kekayaan SDA yang masih tersembunyi dan bisa dijadikan sebagai obat tradisional," ujarnya.

Terkait itu, Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene membenarkan bahwa atas dasar banyaknya potensi SDA yang terkandung di Kalteng itulah, yang menjadi alasan mereka memilih Kalteng untuk mengembangkan obat tradisional.

"Kami ke Kalteng bukan tanpa alasan yang kuat. Selain bajakah tapi kami yakin masih banyak tanaman tradisional yang bisa diolah menjadi obat," ujar politisi Nasdem tersebut.

"Hari ini kami juga membawa tim dari Kementerian Kesehatan serta perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusa, agar bisa mendengar dan melihat langsung terkait pengolahan obat tradisional," tambahnya. (ARNOL/ADV/B-11)

Berita Terbaru