Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lilis Lamiang dalam Anyaman Rotan Bawa Agerson Juara Desain Motif Batik di Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 13 Februari 2020 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kecintaan terhadap seni budaya nenek moyang menginspirasi Agerson, sehingga berhasil meraih juara pada Sayembara Desain Motif Batik Khas Pulang Pisau 2020.

Dalam desain motif batik ini Agerson memilih tema daerah yang memiliki makna sangat dalam yakni Uju Lamiang Jawet Uwei, Salundik Kambang Henda, Dehes Batang Danum Kahai'an Manulak Bere.

"Uju lamiang jawet uwei artinya tujuh buah lilis lamiang yang berderet, dan bilangan 7 ini merupakan bilangan ganjil yang dipercaya membawa patuah dan keberuntungan," katanya.

Dalam desain ini juga mewakili Putir Santang Bawi Sintun Uju yang bertempat tinggal di Lewu Tasik Baragantung atau Khayangan sebagai dewi-dewi atau malaikat yang seringkali dimintai petunjuk pada saat acara sangiang.

Tidak lepas juga dari khas Pulang Pisau, Agerson juga membawa cerita rakyat yakni Bawi Jahawen dan Putir Busu dalam desainnya tersebut.

"Dalam cerita ini, tokoh yang disebut memiliki kecerdasan dan pintar serta terkenal kecantikannya, di mana tokoh tersebut menjadi dambaan semua orang," katanya.

Untuk mengisi ciri khas Kalimantan Tengah dalam motifnya itu, Agerson menyertakan anyaman rotan, mandau, talawang, batu mulia, manas dan lilis lamiang.

Sementara ciri khas jawet uwei atau anyaman rotan juga sebagai khas anyaman Pulang Pisau menjadi motif yang ditonjolkan sebagai pemersatu.

Sementara Salundik Kambang Henda diambil sebagai salah satu tumbuhan yang bermanfaat sebagai makanan, obat-obatan dan sebagai media yang digunakan masyarakat dayak dalam kehidupan sehari-hari.

Desain motif Dayak milik Agerson ini meraih juara pertama pada Sayembara Desain Motif Batik Khas Pulang Pisau 2020 dengan skor nilai 266, juara II Siti Mahfuzah dengan nilai 242, kemudian juara III ditempati Andi Sofian dengan nilai 229. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru