Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Butuh Upaya Serius Untuk Turunkan Angka Kemiskinan di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Februari 2020 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor, mengungkapkan bahwa butuh upaya yang serius untuk menurunkan presentase angka kemiskinan di daerah ini, dengan program dan kegiatan yang tepat sasaran. 

"Harus ada upaya serius yang dilakukan untuk menurunkan angka kemiskinan. Dan ini merupakan tanggung jawab kami sebagai pemerintah daerah," ujar Halikinnor, Jumat, 14 Februari 2020. 

Ia menerangkan, presentase penduduk miskin di Kotim mencapai 6,21% atau 28.200 jiwa pada 2018 lalu. Secara presentase menurun dibandingkan pada 2017 lalu, yakni sebesar 6,24% atau menurun 0,3%. 

Hal itupun menjadi perhatian pihaknya dan bahkan sudah masuk dukumen strategis penanggulangan kemiskinan daerah (SPKD) 2016 - 2021.

Ada tiga program yang terus mereka jalankan secara bertahap, guna menanggulangi tingkat kemiskinan di Kotim ini. Diantaranya yakni, mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin. Seperti halnya kegiatan yang bersifat pemenuhan hak dasar utama individu dan rumah tangga miskin. Meliputi pendidikan, pelayanan kesehatan, pangan, sanitasi, dan air bersih.

Program selanjutnya yakni meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin dengan cara menyempurnakan dan meningkatkan efektivitas program berbasis pemberdayaan masyarakat.

"Upaya yang dilakukan yakni pendekatan partisipatif berdasarkan kebutuhan masyarakat. Penguatan kapasitas kelembagaan, pelaksanaan kegiatan oleh masyarakat secara swakelola dan berkelompok," kata Halikinnor. 

Dan yang terakhir adalah mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil. Meningkatkan akses usaha mikro dan kecil kepada sumberdaya produktif.

Dengan progran tersebut, diharapkan angka kemiskinan di Kotim terus menurun. Dan dapat mencapai target penurunan sebesar 4-5 persen pada 2021 mendatang. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru