Rata-Rata Anak di Kotawaringin Timur Hanya Bersekolah Sampai SMP

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Februari 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pusat Statistik (BPS) Sampit merilis data, rata-rata lama sekolah seorang anak di Kotawaringin Timur terhitung hanya sampai kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau 7,9 tahun. 

Hal itupun menjadi perhatian pemerintah daerah Kotim. Apalagi belum mencapai target yang sudah ditentukan, yakni sebesar 8,4 tahun. 

"Keadaan tersebut menjadi perhatian. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Jumat, 14 Februari 2020. 

Upaya tersebut sebagai langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Sehingga SDM di daerah ini terus meningkat yang akan berpengaruh besar terhadap kemajuan daerah. 

Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya adalah menjalankan program wajib belajar 9 tahun. Dan itu terus disosialisasikan kepada masyarakat agar memahami pentingnya pendidikan.

"Pendidikan sangat penting, dan itulah yang terus kami upayakan agar rata-rata lama sekolah semakin meningkat," terang Halikinnor. 

Itu juga salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran. Karena jika pendidikan ditambah dengan pengalaman kerja yang baik maka akan dapat bersaing nantinya di dunia kerja. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru