Ini Program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kapuas untuk Tingkatkan Minat Baca

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Februari 2020 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas akan menjalankan sejumlah program sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia, seiring dengan meningkatnya literasi atau pengetahuan-pengetahuan dari buku yang dibaca masyarakat.

"Iya, untuk program itu ada banyak. Di antaranya, program bidang perpustakaan yang telah disusun pada tahun ini, seperti peningkatan layanan jasa perpustakaan," ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kapuas, Komari, Jumat, 14 Februari 2020.

"Kemudian program koleksi perpustakaan daerah, di antaranya menambah bahan literasi yang bisa diperoleh masyatakat, serta program pengembangan budaya baca," lanjut dia.

Selanjutnya, juga pengembangan perpustakaan desa, bekerjasama dengan pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Kapuas ke depannya.

Adapun saat ini, minat baca masyarakat terus meningkat, ditandai dengan peningkatan kunjungan ke perpustakaan setiap tahunnya.

"Hingga pertengahan Februari 2020 ini saja tercatat sudah capai 11.662 pengunjung. Jumlah kunjungan perpustakaan memang terus meningkat setiap tahunnya," katanya.

Di Dinas Perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca, saja tetapi juga nantinya akan dibuka layanan internet gratis dan layanan pelatihan komputer.

"Kami harapkan ini dapat meningkatkan lagi keinginan masyarakat berkunjung ke perpustakaan daerah," harapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru